Saturday, January 7, 2012

Ti....ti...Rotiiiii





Kesampaian juga punya mikser baru yang kuat, kokoh teits harganya mahal boww :D. Ceritanya tuh gara-gara gagal bikin orderan dan berakhir dengan sad ending, jadi aku menimbang-nimbang beli alat yang mumpuni...jadi kalau pas lagi bad mood si alat bisa mengatasi "suasana hati" dan proyek buat kue tetap lancar:D. Proses mikirnya panjaaaaang...selain harganya gak murah, aku masih mikir-mikir apa perlu pakai alat secanggih ini hihihi. Walaupun belinya pakai uang tabungan aku, tetap saja aku perlu minta izin suami. Suamiku sih kasih izin dan pindah rumahlah si mikser itu :D

Tes uji nyali mikser yang pertama kali aku pilih buat roti....hasilnya? enak doong, empuk. Syamil sampai bolak-balik dapur-kamar-dapur-kamar hanya sekedar tanya "Rotinya kapan matang Bu?" :D Penasaran kali yaa...Anak ini sabaar deh sambil nungguin roti matang dia nonton tivi aja di kamar. Biasanya dia suka ikut geregetan turun tangan nimbrung, tapi karena yang dilihat yang ngendon di dapur udah cukup, dia gak nyodorin diri jadi volunteer, maklumlah aku, kakakku dan si Mbak sduah bikin dapur kecilku sesak xixixixi, dan Syamil lebih memilih ngadem ajah :p Begitu roti matang...."Syamil mau ini, Syamil mau juga yang ini..." *sambil nunjuk-nunjuk wkwkwkwk. Karena perdana tentunya aku bikin agak banyak. Sekalian repot dan lagi mood banget :D Resep aku dapat dari buklet miksernya yaa...oiya aku beli mikser Sico Bosch.

ROTI MANIS
ala Sico Bosch

Bahan :
1kg tepung terigu protein tinggi (cakra)
200 gr mentega
200 gr gula pasir
50 gr coklat bubuk
5 butir kuning telur
2 bungkus saft instant
250 cc susu cair
200 cc air
1 sdt baker bonus (aku gak pakai, pakai pengempuk roti dr Sico)
1 sdm garam

Olesan : 1 butir kuning telur + 2 sdm susu cair

Cara membuat :

1. Aduk semua bahan menjadi satu dalam mikser, gunakan kecepatan rendah, sedang sampai kecepatan cepat sampai adonan kalis

2. Potong-potong adonan seberat @60 - 70 gr, biarkan mengembang, buang gas dalam adonan

3. Beri isi dan bentuk sesuai selera, biarkan mengembang sekali lagi kemudian oles

4. Oles dengan bahan olesan, panggang roti dengan suhu 200 dercel selama 15 menit atau sampai matang

5. Keluarkan roti dari oven, langsung oles dengan mentega

0 comments:

Post a Comment

 

Mommykeiks Copyright © 2012 Design by Ipietoon