Friday, January 6, 2012

Muffin Pisang Keju






Sukses bikin muffin coklat eh suamiku bilang "muffin tuh yang enak muffin pisang keju". Haduuuh,,,si Bapak, aku kan jadi penasaran nih jadinyaaa...huuuhuuuhuuu. Demi suami nih mulai deh cari-cari resep sama mbah Google ketemu resep pisang keju Siany Edwin. Bikinnya mudah, Siany pun jelasin di blognya dengan rapih. Aku tertarik buat bikin...Besoknya aku mulai belanja ke pasar dan eksplorasi dapur *ngacak-ngacak dapur. Menurutku hasilnya sudah bagus cuma lebih padat, yaa...namanya juga muffin kan emang padat, cepat bikin kenyang. Masih penasaran cari resep yang sesuai seleraku hehehe

Resep ini sudah aku bagi dua, yaitu bahan kering dan bahan basah. Setiap resep muffin aku perhatikan rata-rata seperti ini.


MUFFIN PISANG KEJU
sumber : Siany Edwin


Bahan :

250 gr tepung terigu serbaguna (segitiga)
100 gr gula kastor (aku pakai gula pasir biasa)
50 gr gula palem
1 1/2 sdt baking powder (aku pakai BPDA)
1/4 sdt garam
75 gr keju cheddar, potong kotak (aku parut aja...sama seperti cara Siany)

300 gr pisang ambon, haluskan (aku pakai cavendish)
2 butir telur sedang (aku pakai 3 telor kecil)
100 gr unsalted butter leleh (aku pakai butter wangi, butter margarin kiloan)
1/4 sdt vanili bubuk


Cara membuat :
1. Dalam satu wadah campur tepung terigu, gula kastor, gula palem, baking powder, garam dan keju

2. Siapkan wadah lain, campurkan pisang yang sudah dihaluskan, telur yang sudah dikocok lepas terlebih daghulu, lalu tuangi butter leleh dan vanili bubuk, aduk rata

3. Tuang adonan pisang ke adonan tepung, aduk rata

4. Tuang ke dalam cup, panggang sampai matang


Yang perlu diperhatikan dalam membuat muffin adalah sewaktu mencampurkan bahan basah ke bahan kering tidak boleh terlalu banyak aduk dan tidak boleh mengaduk dengan kuat. Cukup aduk asal yang penting rata. Pengadukan yang terlalu banyak dan terlalu kuat akan membuat muffin bantat dengan sukses....hehehe

0 comments:

Post a Comment

 

Mommykeiks Copyright © 2012 Design by Ipietoon