Saturday, January 7, 2012

Ramadhan dan Kue Lebaran 2011







Rekues kue lebaran dari Syamil rupanya jadi cerita buat aku untuk balik ke dapur. Soalnya pasca lebaran malah sekarang aku jadi terima pesanan...ada hikmahnya kan Syamil minta dibuatin kue :D. Sebelumnya ada temanku sudah rekues jauh-jauh hari, tadinya sih aku terima tapi belakangan aku tolak karena Syamil gak minta kue lebaran dan si mbak belum menunjukkan sinyal mau bantu *ngarep dibantuin :p

Beberapa jenis kue aku pajang di BB *inilah keampuhan BB hahahaha... Een, mbak Novi, mbak Ike juga rekues...aku iyain mumpung sekalian bikin dan masih ada waktunya. Toh gak kejar setoran jadi aku bikin kue memang karena Syamil, bukan seperti tahun sebelumnya yang sengaja jualan. Een sekeluarga apalagi Kaka anaknya Een memang senang dengan kue buatan aku, Alhamdulillah dan Een sudah cukup sering pesan juga kue apapun. Kukernya jenis yang umum saja seperti nastar, sagu keju dan putri salju...kaastengels aku bikin juga meskipun gak banyak :D Suamiku juga minta dibuatkan macaroni schotel untuk dikasih ke teman-temannya.

Eiya, ramadhan ini aku uji coba resep putri salju yang ramai dibahas di milis. Resepnya punya bu Cit...yang bikin aku kesengsem karena Bu Cit share attachment buku primbon Mbah Uti-nya yang sudah kekuningan dan tulisannya yang rapih:). Trus ini resep putri salju gak pakai telur, gak pakai mete (kalau pakai mete aku kurang suka juga hehe..). Makin percaya kalau resep jaman baheula ini pastinya enak. Dan benar kaaaan...ini resep putri salju yang udah lama aku cari-cari. Lumer, lembut, makprullll kata Bu Cit pokoknya hwuaaaahhhh enyaaakkk...Makasih ya Bu Cit *peluk-peluk senang.

Aku sertakan juga resepnya buat yang mau coba juga. Dan inilah beberapa foto kue yang sempat aku simpan untuk lebaran 2011 sebagai kenang-kenangan....




PUTRI SALJU
sumber Citra Kusuma -- bu Cit

Bahan :

300 gr blue band
100 gr roomboter (wisjman atau butter salted lainnya seperti blue triangle/anchor/orchid, terserah mau pakai yang mana)

400 - 450 gr terigu


Cara membuat :

Campur blue band dan butter, kocok sebentar saja asal sudah lembut (atau bisa juga aduk dengan garpu/pastry knife), masukkan terigu sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dipulung. Masukkan kurleb 15 menit di kulkas. Kemudian cetak-cetak, panggang dan beri lapisan gula halus yang sudah dicampur dengan gula dingin.




0 comments:

Post a Comment

 

Mommykeiks Copyright © 2012 Design by Ipietoon