Monday, January 9, 2012

Sambal Goreng Hati ala Cirebon



Sukaaaa banget sama sambal goreng hati versi cirebonan begini, setiap ada hajatan atau selametan kan dapat besek tuh (nasi kotak gitu loh..., jaman aku kecil masih ada yang pakai besek bambu), yang dicari ya lauk ini hehehe. Gak tau suka aja apalagi bumbunya banyak, rempahnya terasa, ada cabe merah irisnya. Lama-lama biasalah penasaran pengin tau, pengin bisa masak...

Ada cerita di balik resep SGH ini. Aku dapat resep ini dari tetanggaku, namanya mbak Yudi...dia mau ngajarin cuma-cuma. Nah, sebelum jadi IRT penuh seperti sekarang, dulunya aku perias pengantin. Barter kalau dia mau ajarin resep sambal goreng ini seandainya dia menikah nanti aku yang rias dia deh :D dan dia oke dengan tawaranku ini...

Beruntung sekali aku dapat resep ini, gak lama kok ya mbak Yudi menikah. Sesuai kesepakatan, aku pun gantian merias dia free of charge. Alhamdulillah, lunas hutang janjinya. Setelah menikah mbak Yudi-nya pindah ikut suaminya ke cirebon. Huwaaaahh....untung aja aku udah diajarin hahahhaha...Resep ini salah satu andalan di keluarga kecilku. Syamil dan bapaknya suka banget selain enak, sedap padahal aku masaknya tidak pakai penyedap, hanya pakai gula dan garam *ciyeee narsis :p

Yang mau resepnya ini aku tuliskan yaa...semoga bisa jadi amalan, aamiin

SAMBAL GORENG HATI KHAS CIREBON
ala mbak Yudi
modif Ayu Medianti

Bahan :

1 kg hati sapi rebus dengan jahe, kunyit, sereh dan salam. Buang airnya, potong kotak kecil, goreng sampai berkulit
1/2 kg cabe merah besar, buang bijinya, cuci bersih, iris halus, goreng (bisa dikurangi, aku biasa pakai 250 gr saja, sayang juga kalau kebanyakan)
2 papan pete belah dua, cuci dan goreng

Bumbu halus :

1/4 kg cabe merah keriting (bisa dikurangi untuk yang gak suka pedas)
15 siung bawang merah
6 siung bawang putih
10 butir kemiri sangrai

1 ruas jahe, memarkan
1 ruas lengkuas, memarkan
2 batang sereh, memarkan
2 lembar daun jeruk

500 ml air (kurang lebih)
gula merah secukupnya
garam secukupnya
gula pasir secukupnya
santan kental secukupnya
penyedap (optional--aku gak pernah pakai)


Cara membuat :
1. Tumis bumbu halus sampai hilang bau mentahnya

2. Masuk salam, lengkuas, sereh dan daun jeruk, tumis sampai harum

3. Masuk air dan santan, biarkan sampai mendidih

4. Masukkan hati sapi rebus, cabai merah iris dan pete goreng, aduk rata

5. Masukkan gula, garam....biarkan sampai air menyusut dan kuahnya mengental

6. Biarkan mendidih agak lama, kalau perlu tambahkan sedikit air kalau air sudah terlalu menyusut. Biarkan tanak, supaya tidak mudah basi

7. Cicipi rasanya (gurih semu manis)




0 comments:

Post a Comment

 

Mommykeiks Copyright © 2012 Design by Ipietoon