Monday, January 9, 2012

Brownies Kukus Keju


Siapa yang gak kenal brownies keju radin?....akuuuuw *tunjuk jari tinggi wkwkwkwk...beneran!

Sudah sering dengar sih, tapi bikinnya belum:p. Sebelum bikin beneran sempat tanya-tanya dulu ke teman taunya udah pada nyoba...berarti aku nih yang ketinggalan hahahaha. Bukan kenapa-kenapa...belum pengin aja, belum penasaran. Brownies yang menggoda buatku ya yang coklat klat klat, empuk basah. Kalau lihat dari fotonya kan putih dan dikasih parutan keju, gak terlalu menarik buatku.

Eh suamiku kan lagi kelaparan terus, kalau aku buat kue coklat meskipun ganti-ganti rupa bisa blenek juga :p. Trus aku juga punya keju cheddar yang jumlahnya lumayan. Tadinya sih niat mau bikin makaroni, tapi males...Gak ada salahnya aku coba resep brokus yang katanya enak...buktiin ah ;)

Uplek di dapur pagi banget sebelum suami bangun. Begitu kue selesai, suami juga sudah rapi...aku sodorin ke dia.
"Icip deh, enak gak..."
"Apaan nih...?"
"Katanya brownies keju..",
"Eh, lucu, kok gak kayak brownies..."
"Udah cicip aja, enak gak..." Suamiku makan trus bilang..."eh enak loh, cuma penampakannya aja ya yang kurang menarik. Tapi ini enak, cocok kok.."

BROWNIES KEJU RADIN
sumber Nia Radin

Bahan A :
2 kuning telur
2 butir telur utuh
100 gr gula pasir
1/2 sdt vanili ekstrak (aku pakai vanili bubuk)
1/2 sdm SP
1/2 st garam

Bahan B :
75 gr tepung terigu
25 gr susu bubuk
20 gr maizena
1/2 st baking powder (aku pakai BPDA)

Lelehkan :
25 gr butter (aku pakai unsalted)
85 ml minyak sayur

Taburan isi : 50 gr keju cheddar dipotong kotak kecil

Cara membuat :
1. Panaskan kukusan (aku gak punya klakat, jadi pakai kukusan dandang biasa), siapkan loyang 30x10x4cm, alasi kertas roti dan oles margarin. (aku pakai loyang brownies kecil 2 buah)

2. Kocok bahan A kecuali garam sampai kental berjejak kemudian masukkan garam dan kocok kembali

3. Ayak bahan B, masukkan bahan B ke bahan A, aduk rata

4. Masukkan keju cheddar ke dalam adonan, aduk rata

5. Kukus dengan api sedang kurleb 45 menit

6. Beri olesan buttercream dan beri parutan keju yang banyaaak :D




0 comments:

Post a Comment

 

Mommykeiks Copyright © 2012 Design by Ipietoon