Monday, January 2, 2012

Ayam Kremes Komplit



"Syamil pengin ayam kremes buuuu....kan ibu udah lama gak bikin"....Kok tumben sekali yaa Syamil  minta dibuatkan makanan, ayam kremes lagi. Ya wis aku turuti saja keinginan Syamil supaya dia gak bosan dengan makan siang sekolahnya. Aku sudah berhenti dari urusan katering sekolah namun Syamil tetap bawa makan siang sendiri dari rumah. Persiapan ayam kremes itu benar-benar gak gampang. Harus dikerjakan beberapa tahap dan tahap terakhir yang paling cepat yaitu tinggal makan wkwkwkwk...

Ayam kremes ini salah satu favorit keluarga suami. Kalau ibu mertuaku datang ke Jakarta, biasanya keluarga suamiku ngajak makan siangnya ke salah satu resto ayam kremes. Nah karena alasan itulah sewaktu ada kelas ayam kremes aku bela-belain ikutan kursusnya tuh...tahun 2006, meskipun jauh dari rumahku yang kala itu di Duren Sawit dengan naik ojek pulang pergi....mahaaaallll, pantatku panas di motor wkwkwwk tapi setelah ilmu ayamnya aku coba di rumah, suamiku dan Syamil senang bukan main, asli puas!!

Dan semua yang sudah makan ayam kremes ini gak ada yang bilang gak enak!! Sudah berkali-kali aku bikin resep ini dan selalu berhasil. Kalau sudah begini kebayar lunas capeknya begitu lihat Bapak dan Syamil makan dengan lahap...ditambah ayam kremes buatan sendiri jauh dari MSG. Dijamin sehat, sementara kalau mengikuti resep aslinya semua bumbu-bumbu yang terdapat di resep dicantumkan pemakaian vetsin...di resep kremes, ayam, laburan (balutan tepung untuk goreng ayam) dan sambalnya...*wuiiih horor yaa :p

Trus aku upload foto ayam kremes 1 set lengkap plus nasi di bb group arisan, sontak ada teman nyeletuk minta bikin ini kalau aku ketempatan dapat arisan. Aku iya-iya aja lagi pikirku ah kecil_lah untuk arisan yang jumlahnya kurang lebih 20 orang, paling-paling juga 5 ekor ayam. Gak taunya, olalah...di luar menu ayam kremes ini mereka pesan...akhirnya batas terakhir aku buat 15 ekor ayam dengan waktu kerja 4 hari. Kalau bikin jumlah sedikit gak terlalu repot, tapi kalau sudah belasan ekor dan dikerjakan berdua hadeuh asli bikin mabok. Sampai aku nulis ini nih belum mood tuh bikin ayam kremes lagi, doain supaya Syamil gak minta dulu wkwkwkwkwk :p. Serius!!

Terlanjur sudah janji, tanggung jawablah...tahap awal, aku dan si mbak (waktu itu masih ada mbak nginep hehehe..) buat kremesnya dulu, bagian ini paling ribet soalnya sesi goreng kremes yang bikin dapur jadi kotor, lengket akibat cipratan minyak :( Setiap menggoreng kremes, seluruh lantai dapur aku tutup dengan beberapa helai koran agak tebal, supaya cipratan minyak gak jatuh langsung ke lantai jadi gak terlalu capek bebenah sesudahnya, tinggal buang koran, beres, pel sedikit deh. Bikin kremesnya makan waktu seharian dari pagi sampai sore ppffiiuhh, capeknyaaa.

Setelah itu ungkep ayamnya besok hari dan terakhir buat sambalnya. Untuk ayamnya aku pakai ayam pejantan karena ayam pejantan lebih gurih seperti ayam kampung. Mau coba ayam negeri? boleh aja, sarannya pakai yang umur ayam baru berapa minggu, jangan yang besar, pengaruhnya di rasa-nya. Aku pernah coba pakai ayam negeri, eh Syamil gak doyan, padahal bikin 2 ekor hikss...

Yang penasaran sama ayam kremes aku...silahkan dicoba. Resepnya asli panjang, keliatannya ribet *embeeer....gak bo'ong :D Yang mau jualan ayam kremes ya silahkan, resepnya tinggal dikalikan seberapa keperluannya, resepnya memang ditujukan untuk home industry

AYAM KREMES
sumber kursus tabloid Koki

Bahan untuk ayam :

25 gr bawang merah
25 gr bawang putih
15 gr kemiri
5 gr ketumbar sangrai
1,5 gr lada
1 gr jinten
4 gr vetsin (aku skip)
8 gr kunyit
2 gr jahe
4 gr laos
15 gr gula merah
2 butir kapulaga
2 lembar daun jeruk
7 lembar daun salam
750 cc air kelapa

Campur seluruh bahan bersama ayam. Ungkep dengan api kecil kurleb 1 jam

Bahan untuk lapisan (labur) ayam :

100 gr tepung tapioka
3 gr garam
1 gr vetsin (aku skip)
2 butir telur
150 cc santan

campur semua bahan, celup ayam sesaat sebelum digoreng

Bahan untuk kremes :

50 gr kemiri
40 gr bawang putih
1 kuning telur
5 gr gula pasir
8 gr vetsin (gak pake)
200 cc santan kental
65 gr tepung tapioka
425 cc air
2 gr merica
2 gr ketumbar
2 gr garam

- kemiri dan bawang putih diblender dengan sedikit air sampai halus, tuang ke panci + tepung tapioka + kutel+ vetsin + lada+ garam+air 250 cc

- masak adonan dengan api kecil, masukkan santan kental sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai mengental, masukkan sisa air, aduk sampai mengental lagi. Angkat, blender sampai halus

- panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak, goreng adonan sedikit demi sedikit ke dalam minyak panas. Goreng sampai kering

Bahan untuk sambalnya :

20 buah cabe rawit
250 gr cabe merah besar
30 gr bawang putih
60 gr bawang merah
200 gr tomat
75 gr gula merah
5 gr asam jawa
25 gr terasi
18 gr garam
4 gr vetsin (gak pake)

- cabe rawit + cabe merah + bawang merah + bawang putih goreng setengah matang, selanjutnya diulek/diblender bersama bumbu yg lain

- tumis bahan sambal sampai harum dan berubah menjadi warna merah dan berminyak (minyak keluar sendiri dari sambalnya kalau proses memasak sambal tidak keburu-buru, api kecil saja)

0 comments:

Post a Comment

 

Mommykeiks Copyright © 2012 Design by Ipietoon