Friday, January 6, 2012

Banana Crumb Muffin

Aku masih cari-cari resep banana muffin nih hahahahaha...trus aku gak sengaja lihat resep banana crumb muffin diblognya mbak Elsye di Elsyecook *benar gak ya nulisnya. Resep asli dari All Recipes. Pisang yang tempo hari aku beli di pasar masih ada sisanya, cukup untuk tes resep ini.

Tunggu-tunggu eeeh si muffinnya mumbul...begitu jadi aku sodorin ke suami. Syamil gak aku tawarin...habis kayaknya kok gak minta gitu sih Mil :p. Liat bapaknya doyan, Syamil ikutan deh
"Iya buuu,,,enak nih, Syamil doyan"...

Syukurlah senang kalau semuanya doyan. Alhamdulillah resepku nambah untuk koleksi favorit keluarga.

Cerita dikit yaa...resep asli memakai soda kuenya cukup banyak, pernah aku inisiatif kurangin takarannya...trus gula pasir di rumah habis dan aku ganti dengan gula halus. Mau tau hasilnya? padat dan mumbulnya kurang bagus, rasanya juga kurang enak...Kesimpulan resepnya gak bisa diakalin :p

Setelah gagal ngakalin resep, masih penasaran bikin lagi seperti awal coba. Kali ini aku pakai resep asli seperti waktu pertama coba...persis plek ketiplek. Kebetulan mertua dan om suami datang ke rumah, aku masih punya pisang Sunpride yang sudah daluuuu banget, tau dalu gak?

Dalu itu bahasa jawa yang artinya kurang lebih begini matang tapi udah pas untuk dimakan. Dulu waktu masih kecil aku ingat benar tuh kalau ibuku ditawari pisang matang sama tukang buah atau tukang sayur trus blum pas dimakan pasti bilang begini ke anak-anaknya "Makannya nanti atau besok, belum dalu", jadi kalau mau makan pisang gak bisa buru-buru deh. Hobi ibuku beli pisang bagus di pasar trus ditunggu sampai matang di rumah hahaha.

Nah, kalau dalu banget artinya sudah matang banget sampai mau busuk kaliii hahahaha...eiya tapi ini gak busuk kok, masih bagus hehehe...ya sudah sebelum busuk aku buat aja muffin ini sekali lagi. Benar kan, berhasil, yippiii





BANANA CRUMB MUFFIN
sumber : allrecipes

1 1/2 cups all-purpose flour
1 teaspoon baking soda
1 teaspoon baking powder
1/2 teaspoon salt
3 bananas, mashed
3/4 cup white sugar
1 egg, lightly beaten
1/3 cup butter, melted
1/3 cup packed brown sugar
2 tablespoons all-purpose flour
1/8 teaspoon ground cinnamon
1 tablespoon butter

Directions

1. Preheat oven to 375 degrees F (190 degrees C). Lightly grease 10 muffin cups, or line with muffin papers.

2. In a large bowl, mix together 1 1/2 cups flour, baking soda, baking powder and salt.

3. In another bowl, beat together bananas, sugar, egg and melted butter. Stir the banana mixture into the flour mixture just until moistened. Spoon batter into prepared muffin cups.

4. In a small bowl, mix together brown sugar, 2 tablespoons flour and cinnamon. Cut in 1 tablespoon butter until mixture resembles coarse cornmeal. Sprinkle topping over muffins.

5. Bake in preheated oven for 18 to 20 minutes, until a toothpick inserted into center of a muffin comes out clean.

0 comments:

Post a Comment

 

Mommykeiks Copyright © 2012 Design by Ipietoon