Saturday, January 7, 2012

Donat Kentang



Masih belum puas lihat miksernya nganggur lanjut bikin donat. Pastinya donat kentang yang sudah teruji empuknya. Ngomong donat sebenarnya sih sudah sering aku buat dari mulai jaman gak punya mikser yang cuma pakai tenaga nasi, harus dibanting ya berhasil aja tuh. Cuma kan karena sekarang punya mikser enaknya gak pakai capek. Ingat fun cooking yang pernah aku posting sebelumnya? Donat-donat itu aku buat dari sekilo tepung, ngadonnya 2x alias setengah-setengah *kalau gak begini bisa minum obat rematik deh :p dan hasilnya bagus menurutku dan yang menurut yang makan rasanya juga oke. Cuma resepnya dibawa teman aku gak bikin salinannya jadi resepnya hilang deh hehehe

Kok ya pas banget sih kebetulan lihat Ulin upload foto donat di FB. Resep donat kentang yang dipakai Ulin ini resep NCC, jadi aku ya percaya wong NCC gitu loh...resepnya teruji banget! Hasil donatnya menul-menul, empuk....makasih ya Bu Fat, resepnya enaaak...bahkan aku simpan sampai 5 hari gak apa-apa tuh...masih tetap empuk meskipun penyok sana sini. Gimana gak penyok nyimpennya di tuppperware asal numpuk hahahaha

Oiya, resep ini juga pernah aku coba pakai tepung kentang dan dalam rangka menghabiskan stok tepung kentang di rumah dan menurutku hasilnya lebih bagus pakai tepung kentang daripada memakai kentang kukus. Mungkin karena semua bahan kering jadi hasil donatnya tidak banyak mengandung air. Tekstur seratnya juga lebih bagus.

Dengan pemakaian tepung kentang, pemakaian air dalam adonan ditambah. Nah, tapinya maaf yang ini aku lupa catat berapa, soalnya waktu itu baru coba, kelupaan ngitungnya....Ukurannya buat aku adonan bisa kalis dan lentur itu saja. Yang jelas lebih kering dan gak pakai ribet harus kukus kentang dulu hehehe

DONAT KENTANG
sumber NCC (aku dapat dari Ulin)

Bahan :

500 gr tepung cakra/protein tinggi
200 gr kentang kukus (bisa diganti dengan tepung kentang dengan jumlah yang sama)
100 gr gula pasir
50 gr susu bubuk
1 bungkus ragi instant
4 kuning telur
100 ml susu full cream cair dingin/air es
75 gr mentega/margarin
1/2 sdt garam

Cara membuat :

  1. Aduk semua bahan kering kecuali garam
  2. Masuk kentang kukus, susu dingin, telur, aduk sampai kalis
  3. Masukkan mentega dan garam, aduk lagi sampai kalis 15 menit. Biarkan sampai adonan mengembang, buang gas yang terbentuk
  4. Potong-potong adonan @50gr. Diamkan adonan mengembang sekali lagi, sebentar saja sebelum digoreng
  5. Goreng sampai matang, dinginkan.
  6. Donat siap diberi toping

0 comments:

Post a Comment

 

Mommykeiks Copyright © 2012 Design by Ipietoon