Monday, February 6, 2012

Kue Lumpur




Banyak versi resep kue lumpur yang aku coba mulai dari hasilnya yang enak, kurang enak, pas, kurang pas...hahahhahaha. Dari resepnya yang sampai hilang pun ada *ampun deh:D. Belakangan pakai resep lama, aku modif aja deh. Resepnya gak tau lah darimana, wong seingat aku sih ini resep aku tulis dari SMA hihihi....Terakhir aku suka sama komposisinya udah pas dan enak. Yang penting banyak santan, kelapa mudanya deh.....wuiih jarang banget kan yang banyak isinya begini, kebanyakan juga kalau beli isinya tepung ajah plus hiasannya kismis satu biji :p

Teknik kue lumpur menurutku yang paling pas pakai teknik sus (choux pastry) membuat kue lumpurnya jadi lembut.

KUE LUMPUR
ala Ayu Medianti

Bahan :
125 gr gula pasir
250 cc air
100 gr margarin
1/2 sdt garam
125 gr terigu protein sedang
1 sachet (27gr) susu bubuk
50 gr tepung kentang siap pakai (kentang kukus juga boleh dengan ukuran sama)
1/2 sdt vanili
3 telur utuh, kocok lepas
375 cc santan kental ( didapat dari 200 cc santan kemasan + 175 cc air matang)
50 gr kismis
2 butir kelapa muda

olesan cetakan : 1 sdm minyak goreng + 1 sdt blue band

Cara membuat :
  1. Gula pasir, air, margarin dan garam dimasak sampai mendidih, matikan api
  2. Campur tepung terigu, susu bubuk dan tepung kentang, aduk cepat sampai kalis (kalau pakai kentang kukus masukkan terigu+susu lebih dulu, aduk kalis, kemudian kentang kukus yang sudah dihaluskan)
  3. Masukkan telur kocok, aduk rata
  4. Masukkan santan kental dan terakhir kelapa muda, aduk rata
  5. Diamkan adonan kurang lebih 15 menit, siap dipanggang
  6. Panaskan cetakan kue lumpur, matikan api, oles cetakan dengan bahan olesan
  7. Tuang adonan kue lumpur, beri kismis atasnya, tutup (aku pakai tutup panci kaca, biar keliatan), panggang sampai matang dan mengembang.
  8. Matikan api, diamkan sebentar, angkat
  9. Sajikan

0 comments:

Post a Comment

 

Mommykeiks Copyright © 2012 Design by Ipietoon